Fawaaid_Sulteng:
𝐀𝐛𝐮 𝐢𝐧𝐭𝐚𝐧 𝐩𝐞𝐧𝐚𝐧𝐲𝐚 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐛𝐞𝐫𝐭𝐚𝐧𝐲𝐚 𝐤𝐞 𝐚𝐛𝐮 𝐌𝐀𝐒'𝐔𝐃 𝐥𝐚𝐦𝐨𝐧𝐠𝐚𝐧 :
" 𝐒𝐞𝐤𝐚𝐫𝐚𝐧𝐠 𝐦𝐮𝐧𝐜𝐮𝐥 𝐥𝐚𝐠𝐢 𝐦𝐞𝐫𝐞𝐤𝐚 𝐦𝐞𝐦𝐛𝐚𝐰𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐤𝐚𝐥𝐚𝐦 '𝐮𝐦𝐦𝐮 𝐲𝐮𝐬𝐮𝐟 𝐮𝐦𝐦𝐮 𝐚𝐛𝐝𝐢𝐥𝐥𝐚𝐡 𝐮𝐦𝐦𝐮 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐥𝐚𝐢𝐧 𝐥𝐚𝐢𝐧𝐧𝐲𝐚... 𝐌𝐚𝐤𝐚𝐧𝐲𝐚 𝐚𝐧𝐚 𝐛𝐢𝐥𝐚𝐧𝐠 : 𝐝𝐮𝐥𝐮 𝐥𝐮𝐤𝐦𝐚𝐧𝐲𝐲𝐮𝐧 𝐬𝐞𝐭𝐞𝐫𝐤𝐞𝐜𝐢𝐦𝐩𝐮𝐧𝐠𝐧𝐲𝐚 𝐚𝐧𝐚 𝐛𝐞𝐫𝐬𝐚𝐦𝐚 𝐦𝐞𝐫𝐞𝐤𝐚, 𝐢𝐭𝐮 𝐦𝐞𝐫𝐞𝐤𝐚 𝐭𝐢𝐝𝐚𝐤 𝐩𝐞𝐫𝐧𝐚𝐡 𝐛𝐚𝐰𝐚 𝐤𝐚𝐧 𝐤𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐤𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐩𝐞𝐫𝐞𝐦𝐩𝐮𝐚𝐧... 𝐋𝐚𝐡 𝐢𝐧𝐢 𝐦𝐞𝐫𝐞𝐤𝐚 𝐤𝐨𝐤 𝐛𝐚𝐰𝐚 𝐤𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐤𝐚𝐥𝐚𝐦 𝐩𝐞𝐫𝐞𝐦𝐩𝐮𝐚𝐧 𝐢𝐧𝐢 𝐠𝐢𝐦𝐚𝐧𝐚?
𝐀𝐛𝐮 𝐌𝐀𝐒'𝐔𝐃 𝐦𝐞𝐧𝐢𝐦𝐩𝐚𝐥𝐢 : " 𝐊𝐞𝐛𝐮𝐭𝐮𝐡𝐚𝐧 𝐦𝐞𝐫𝐞𝐤𝐚 𝐦𝐞𝐦𝐚𝐧𝐠 𝐦𝐞𝐧𝐝𝐞𝐬𝐚𝐤.... (tme/majelis_hombiz/4550 (Menit :1.05))
TANYA JAWAB USTADZUNA :
DITERIMANYA KHABAR BERITA DARI KALAM WANITA.
[14/9 04.47] PENANYA : Bismillah
Semoga Allah menjaga antum dan keluarga,,,
Ana mau tanya Ustadz
Apakah shahih bahwasannya Umar Rodiallahu anhum pernah di tegur oleh seorang wanita ketika umar terjatuh pada kesalahan dalam pendapatnya ???
[14/9 04.47] Ust Sidik K Mbg: Datang riwayat tersebut
Yaitu 'Umar radhiyallahu anhu mengatakan si wanita mencocoki kebenaran dan laki2 (maksudnya dirinya sendiri) keliru
hanya saja jalur2x tidak selamat dari 'illah (penyakit) pada sanadnya sehingga tidak layak di jadikan hujjah wallahu a'lam
[14/9 04.47] PENANYA : Jadi apa pendapat antum ustadz dari mengambil bantahan dari seorang wanita ???
[14/9 04.47] Ust Sidik K Mbg: Boleh selama mencocoki kebenaran
Di atas ana hanya berbicara tentang sanadnya
Adapun hukumnya maka apabila bersama wanita tersebut kebenaran maka diterima
Dan kisah di atas disebutkan oleh ibnu rajab dalam kitab beliau "Al Farq Bainan Nashihati wat Ta'yiir"
beliau berkata:
ﻓﻠﻬﺬا ﻛﺎﻥ ﺃﺋﻤﺔ اﻟﺴﻠﻒ اﻟﻤﺠﻤﻊ ﻋﻠﻰ ﻋﻠﻤﻬﻢ ﻭﻓﻀﻠﻬﻢ ﻳﻘﺒﻠﻮﻥ اﻟﺤﻖ ﻣﻤﻦ ﺃﻭﺭﺩﻩ ﻋﻠﻴﻬﻢ ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﺻﻐﻴﺮا ﻭﻳﻮﺻﻮﻥ ﺃﺻﺤﺎﺑﻬﻢ ﻭﺃﺗﺒﺎﻋﻬﻢ ﺑﻘﺒﻮﻝ اﻟﺤﻖ ﺇﺫا ﻇﻬﺮ ﻓﻲ ﻏﻴﺮ ﻗﻮﻟﻬﻢ.
ﻛﻤﺎ ﻗﺎﻝ ﻋﻤﺮ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻓﻲ ﻣﻬﻮﺭ اﻟﻨﺴﺎء ﻭﺭﺩﺕ اﻟﻤﺮﺃﺓ ﺑﻘﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ: {ﻭﺇﻥ ﺃﺭﺩﺗﻢ اﺳﺘﺒﺪاﻝ ﺯﻭﺝ ﻣﻜﺎﻥ ﺯﻭﺝ ﻭﺁﺗﻴﺘﻢ ﺇﺣﺪاﻫﻦ ﻗﻨﻄﺎﺭا ﻓﻼ ﺗﺄﺧﺬﻭا ﻣﻨﻪ ﺷﻴﺌﺎ ﺃﺗﺄﺧﺬﻭﻧﻪ ﺑﻬﺘﺎﻧﺎ ﻭﺇﺛﻤﺎ ﻣﺒﻴﻨﺎ} [ اﻟﻨﺴﺎء: 20]
ﻓﺮﺟﻊ ﻋﻦ ﻗﻮﻟﻪ ﻭﻗﺎﻝ: (ﺃﺻﺎﺑﺖ اﻣﺮﺃﺓ ﻭﺭﺟﻞ ﺃﺧﻄﺄ)
"Karena itulah dahulu para imam salaf yang disepakati keilmuannya dan keutamaannya MENERIMA KEBENARAN dari siapa saja yang mendatangkan keoada mereka SEKALIPUN YANG MENDATANGKAN KEBENARAN ITU ANAK KECIL
Dan mereka mewasiatkan para sahabat dan pengikut mereka agar menerima kebenaran Apabila tampak pada selain diri mereka.
Sebagaimana Umar radhiyalkahu 'anhu berkata tentang mahar wanita, maka ada seorang wanita yang membantahnya dengan perkataan Allah:
" Apabila kalian ingin mengganti istri dengan istri yang lain sementara kalian telah memberikan salah seorang dari mereka harta yang banyak maka janganlah kalian mengambil darinya sedikitpun, apakah kalian akan mengambilnya dengan kedustaan dan dosa yang nyata." (An Nisa: 20),
Maka 'Umar radhiyallahu anhu rujuk dari ucapannya seraya mengatakan:
"Wanita tersebut mencocoki kebenaran dan laki-laki keliru."
Pernah 'Aisyah radhiyallahu anha membantah ucapan yang keliru dari ibnu 'Umar rhadiyallahu 'anha sebagaimana dalam shahih bukhariy dan Muslim dari Mujahid ketika ibnu Umar di tanya oleh 'Urwah bin Zubair tentang 'Umrah Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam maka ibnu 'Umar radhiyallahu anhuma mengatakan bahwa salah satu 'umrah Nabi shallallahu Alaihi Wa sallam di bulan rajab,
Berkata Mujahid:
ﻓﻜﺮﻫﻨﺎ ﺃﻥ ﻧﻜﺬﺑﻪ ﻭﻧﺮﺩ ﻋﻠﻴﻪ
Maka kami tidak suka mendustakannya dan membantahnya
Lalu urwah berkata kepada bibinya 'Aisyah radhiyallahu anha, tidakkah engkau mendengar ucapan abu abdirrahman (ibnu Umar), lalu Aisyah bertanya apa yang diucapkan oleh Abu Abdirrahman?
Maka urwah berkata: dia berkata bahwa salah satu Umrah Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam di Rajab
Maka 'Aisyah radhiallahu anha berkata:
ﻳﺭﺣﻢ اﻟﻠﻪ ﺃﺑﺎ ﻋﺒﺪ اﻟﺮﺣﻤﻦ، ﻣﺎ اﻋﺘﻤﺮ ﻋﻤﺮﺓ، ﺇﻻ ﻭﻫﻮ ﺷﺎﻫﺪﻩ، ﻭﻣﺎ اﻋﺘﻤﺮ ﻓﻲ ﺭﺟﺐ ﻗﻂ
Semoga Allah merahmati Abu 'Abdirrahman (kunyah ibnu 'Umar) tidak lah Nabi berumrah melainkan dia ikut hadir, DAN NABI TIDAK PERNAH UMRAH DI BULAN RAJAB SAMA SEKALI.
Dan ana ingat ada bantahan seorang wanita terhadap salah satu hizbiyyin di zaman Syaikhuna Yahya hafidzahullah dan di ijinkan penyebarannya oleh beliau, hanya saja ana lupa namanya.
(Diizinkan penyebaran nya oleh Ustadzuna Shiddiq Al Bughisy حفظه الله )
t.me/Fawaaid_Sulteng